BerandaLiga SpanyolVinyals: Guardiola Memiliki Sejarah Bersama Barcelona

Vinyals: Guardiola Memiliki Sejarah Bersama Barcelona

Jordi Vinyals menilai jika Lionel Messi dkk sangat beruntung, sebab sempat memiliki pelatih seperti Josep Guardiola. Menurut mantan pelatih tim muda Barcelona itu, Guardiola sudah melakukan perjudian besar sebab berani mengambil keputusan dengan menurunkan skuad mudanya.

Tepatnya di tahun 2008 lalu, merupakan sebuah momen bersejarah buat raksasa Spanyol tersebut. Padahal kala itu, manajemen Barcelona mengangkat Guardiola sebagai manajer yang belum memiliki pengalaman. Akan tetapi, apa yang diharapkan Barcelona ternyata justru diluar dugaan. Guardiola malah mampu menyumbangkan 14 trofi hanya dalam kurun waktu empat musim.

Kontribusinya sebagai manajer tim tidak hanya disitu saja. Ia juga memiliki peran penting dalam mengantarkan beberapa pemain mudanya yang juga turut bersinar bersama Barcelona diantaranya Lionel Messi, Xavi dan Iniesta. Selama di bawah kepelatihan Guardiola, Barcelona dan beberapa pemainnya sudah mencapai puncak kejayaan.

Keberuntungan Messi dkk

Sebelumnya, Barcelona tidak begitu mudah memberikan kepercayaan kepada pemain muda terlebih ketika pemain tersebut baru direkrut. Pasalnya, mereka selalu mendapat tuntutan berat yaitu meraih trofi di setiap musimnya dan pemain muda bukan sebuah solusi saat itu.

Namun tidak dengan Guardiola, dia justru berani mempertaruhkan semuanya kepada mereka. Bahkan pemain berpengalaman seperti Ronaldinho dan Deco harus disingkirkan demi memberi ruang kepada Messi dkk. Itulah mengapa Vinyals menganggap jika Guardiola memiliki pran penting dalam perkembangan Barcelona dan skuadnya.

“Beberapa pemain seperti Messi, Xavi dan Iniesta merupakan generasi yang paling beruntung. Sebab mereka diberikan kesempatan untuk bermain, dan secara bertahap mereka dimasukan dalam skuad inti Blaugrana.”

“Dan saat seseorang paham soal apa yang sedang dibutuhkan oleh klub untuk merotasi pemain dari akademi adalah Guardiola. Keberaniannya untuk mengambil keputusan patut diacungi jempol, karena dia mau mengorbankan nama besar untuk memberikan ruang kepada mereka pemain muda.” ucap Vinyals.

Titik Balik Barcelona

“Anda bisa menilai jika Guardiola adalah titik balik dalam sejarah klub Barcelona. Itu bukan sebuah integrasi La Masia dan juga cara sepakbola yang dimainkan serta dominasi lawan. Itu juga membuat kami pelatih tim muda, bisa bekerja lebih mudah.” tambahnya.

Bahkan hingga saat ini, klub asal Catalan tersebut masih aktif untuk mengorbitkan pemain dari La Masia. Ada beberapa yang memiliki peluang untuk bisa jadi seperti Lionel Messi diantaranya adalah Ansu Fati, Riqui Puig dan yang terakhir Alena.

Vinyals: Guardiola Memiliki Sejarah Bersama Barcelona
Rizalhttps://tempobola.id
Saya adalah penggemar olah raga sepak bola. Sedari kecil saya sudah kerap mengikuti informasi seputar liga inggris dan kompetisi si kulit bundar dari seluruh dunia. Saya suka menulis dan berbagi mengenai informasi yang Saya ketahui kepada teman-teman disekitar saya jua.
Kabar Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini