Surat FIFA agar Timnas Wanita Afghanistan Dievakuasi

0
42

FIFA menulis surat kepada sejumlah pemerintah untuk minta dievakuasi darurat untuk pemain timnas wanita Afghanistan.

Para pemain dilaporkan takut untuk keluar rumah setelah Taliban mengambil alih ibukota Afghanistan, Kabul.

Organisasi pemain FIFpro juga meminta bantuan dan mengatakan sedang bekerja dengan pemerintah untuk membuat rencana evakuasi.

“Ambisinya adalah untuk membawa sebanyak mungkin orang ke tempat yang aman.” kata pernyataan FIFPro. “Tetap tidak stabil dan sangat mengkhawatirkan,” tambah pernyataan tersebut.

Awal pekan ini, mantan kapten tim wanita nasional Afghanistan Khalida Popal memohon kepada badan olahraga untuk membantu para pemain Afghanistan karena dia khawatir mereka yang tertinggal di bawah pemerintahan Taliban.

Banyak pesepakbola wanita negara itu bersembunyi sejak pengambilalihan kekuasaan.

“Saya tidak bisa tidur, saya menangis dan merasa tidak berdaya,” kata Popal, yang berperan penting dalam pembentukan tim sepak bola wanita Afghanistan pertama pada 2007.

Selama pemerintahan mereka sebelumnya sekitar 20 tahun yang lalu, Taliban melarang anak perempuan menerima segala bentuk pendidikan.

Wanita tidak dapat meninggalkan rumah mereka tanpa kerabat laki-laki, tidak diizinkan bekerja dan dipaksa untuk mengenakan burqa yang menutupi semua wajah. Mereka yang menentangnya bisa menerima hukuman dan pemukulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini