BerandaLiga Eropa LainnyaLiga ChampionsSaingi Super League, UEFA Siap Ubah Format Liga Champions

Saingi Super League, UEFA Siap Ubah Format Liga Champions

Berita terkait polemik sepakbola Eropa terus menghiasi pemberitaan selama satu hari terakhir. Setelah 12 klub raksasa Eropa memutuskan untuk membuat kompetisi terpisah yakni Liga Super Eropa, kini pihak Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA memberikan respon dengan melakukan perubahan terhadap format Liga Champions.

Menurut laporan situs resmi UEFA, akan terdapat sejumlah perubahan signifikan dari format baru yang akan diterapkan. Salah satunya adalah penambahan jumlah peserta menjadi 36 tim dari yang awalnya 32. UEFA juga menjamin jika setiap tim akan mendapat kesempatan bermain di 10 laga sebagai garansi tambahan pemasukan. Akan tetapi perubahan paling siginifikan adalah dihilangkannya sistem grup yang selama ini kita kenal.

Fase grup akan digantikan dengan sistem liga. Penentuan untuk lolos ke babak 16 besar pun cukup menarik dengan delapan tim teratas di klasemen akan otomatis lolos, sedangkan delapan slot sisanya akan diperebutkan oleh penghuni posisi ke-9 hingga 24 dengan sistem pertandingan dua leg.

Namun, berbanding terbalik dengan Liga Super Eropa yang kabarnya siap diluncurkan dalam waktu dekat, format baru Liga Champions ini baru siap diluncurkan pada musim 2024/25.

Saingi Super League, UEFA Siap Ubah Format Liga Champions
Pratam
Avid European football fans since 2005. Field of expertise includes Analysis and creative articles. Hard-line supporter of German Football.
Kabar Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini