BerandaLiga IndonesiaPutusan PSSI Soal AFC Dipertanyakan Persipura

Putusan PSSI Soal AFC Dipertanyakan Persipura

Persipura Jayapura menanyakan perihal keputusan PSSI soal wakil di Piala AFC. PSSI memilih Bali United dan Persija sebagai wakil Indonesia di AFC.

Keputusan yang dipertanyakan itu diambil setelah PSSI menggelar rapat Exco, dua hari lalu. Bali United berstatus juara Liga 1 musim lalu. Sedangkan Persija menyandang runner-up Piala Indonesia karena PSM Makassar sebagai juara tidak mengantongi lisensi AFC.

“Kami tahu keputusan PSSI. Kemudian ketua umum (Persipura, Benhur Tommy Mano) menyampaikan kepada manajer untuk meminta penjelasan kepada PSSI. Kami mempertanyakan apa saja keputusan yang diambil PSSI,” kata asisten manajer Persipura Bento Madubun dilansir dari Detik.

“Sebenarnya enggak ada masalah, kalau kami yang penting taat aturan. Persipura dasarnya itu saja. Kalau sesuai aturan silakan, kalau enggak, ya ini dipertanyakan. Secara resmi kami sudah mengirimkan surat ke PSSI kemarin,” tambahnya.

Persipura menilai PSSI tidak mengikuti aturan yang ada dalam Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Pasal 9 tentang Sporting Criteria.

Dalam aturan tersebut tidak disebutkan kalau runner-up Piala Domestik (Piala Indonesia) berhak ambil bagian di Piala AFC. Dijelaskan prioritas pertama juara kompetisi (Liga 1), kemudian juara Piala Domestik, runner-up Liga 1, posisi tiga Liga 1.

Bila mengikuti poin yang ada, Persipura berhak dibanding Persija untuk bermain di Piala AFC. Pasukan Jacksen F Tiago tersebut menduduki peringkat ketiga klasemen Liga 1 2019. Persebaya yang berada di posisi kedua tidak mengantongi lisensi AFC.

“PSSI melalui rapat Exco mengeluarkan keputusan, apa keputusan yang ada berdasar manual AFC atau ada hal lain. Ini yang kami tidak tahu, kalau ada dasar lain jelaskan,” tukasnya.

Putusan PSSI Soal AFC Dipertanyakan Persipura
Timur Paramyudha
Pemuda Cikini, Jakarta Pusat
Kabar Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini