Newcastle United Sah Diakuisi Perusahaan Arab Saudi

0
33
newcastle united
sky sports

Klub Liga Inggris, Newcastle United secara sah diakuisisi oleh perusahaan asal Arab Saudi. Perusahaan bernama Public Investment Fund (PIF) mengakuisisi The Magpies dengan saham mayoritas.

PIF sendiri dikabarkan merupakan perusahaan konsorsium milik Kerajaan Arab Saudi, yang CEO sendiri merupakan Pangeran Muhammad bin Salman.

Perusahaan tersebut mengakuisisi saham mayoritas sebesar 80 persen. Dengan sisanya 20 persen dibagikan kepada dua perusahaan bernama PCP Capital Partners dan RB Sports & Media.

Liga Inggris yang sebelumnya dirumorkan sempat melarang akuisisi ini juga akhirnya memberi izin. Setelah mendapat jaminan bahwa PIF tidak berkaitan langsung dengan Kerajaan Arab Saudi.

“Kami sangat bangga dengan akusisi ini berjalan mulus dan berhasil. Klub bersejarah di Liga Inggris. Para fans senang dan kami tidak sabar bekerja sama dengan mereka,” kata Direktur PIF, Yasir Al-Rumayyan di laman resmi klub.

Menurut reporter Sky Sports News, Keith Downie menyebut, pemblian ini akhirnya terealisasi setelah lama mandeg karena urusan politik.

“Sebuah kabar dan kesepakatan telah diraih bersama sehingga menimbulkan kepercayaan besar di kubu Tyneside malam ini. Pembelian senilai kurang lebih 300 juta Pound yangdidukung oleh Dana Kekayaan Berdaulat Arab Saudi, akhirnya memungkinkan muntuk terealisasi segera setelah 18 bulan berjalan tanpa kemajuan.”

Di sisi lain, pembelian klub Newcastle United bisa membawa dampak buruk bagi manajernya Steve Bruce yang dirumorkan bakal dipecat. Siapa kira-kira pelatih yang akan mengasuh klub berjuluk The Magpies?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini