Makin Parah, Berikut Total Kerugian Barcelona Musim Lalu

0
28

Tidak aneh jika rasa pesimis menyelimuti para fans Barcelona musim ini. Bagaimana tidak, selain masalah utang yang menumpuk hingga 1,35 milyar euro, kini Barcelona baru saja mengumumkan defisit pemasukan parah di musim 2020/21 silam.

Proyeksi pemasukan yang melenceng cukup jauh dari target menjadi penyebab utama. Sebagai informasi, Barcelona mencanangkan pemasukan sebesar 828 juta euro musim lalu. Namun pada kenyataannya, Barcelona hanya mampu membukukan pemasukan 628 juta euro. Alhasil total kerugian 481 juta euro harus mereka terima dikarenakan pengeluaran mencapai 1,1 milyar euro.

Uniknya, pandemi COVID-19 tidak terlalu berperan dalam kerugian yang diderita Barcelona. Kendati pandemi memangkas sejumlah potensi pemasukan seperti tiket pertandingan dan tur fasilitas klub, namun hasil audit menunjukkan jika itu semua hanya merugikan Barcelona sebesar 92 juta euro. Itu berarti Barcelona akan tetapi menderita kerugian 390 juta euro jika pandemi tidak terjadi.

Sumber utama dari defisit tidak lain adalah pengeluaran klub yang menggila musim lalu. Sebagai informasi, pengeluaran Barcelona musim lalu mengalami kenaikan 19% dibanding musim 2019/20 (955 juta euro). Padahal keuangan Barcelona lebih baik di musim tersebut. Hingga saat ini total utang Barcelona setelah pajak mencapai 680 juta euro, ditambah 533 juta euro utang kepada bank dan sisa utang lainnya. Sedangkan nilai saham Barcelona anjlok hingga 451 juta euro. Pemangkasan gaji dan penjualan sejumlah pemain di awal musim ini pun hanya memangkas sekitar 125 juta euro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini