Liga Champions: Liverpool Kubur FC Porto di Estadio Dragao

0
51

Liverpool sukses melakukan pesta gol kala mengunjungi Estadio do Dragao, markas raksasa Portugal, FC Porto di lanjutan fase grup Liga Champions 2021/22. Dua gol dari Mo Salah dan Roberto Firmino, serta satu gol Sadio Mane hanya bisa dibalas oleh Medi Taremi di babak kedua.

Porto sudah berada dalam kurungan Liverpool sejak awal laga. Gol yang dinanti oleh The Reds akhirnya tercipta kala laga memasuki menit ke-18. Diawali aksi Curtis Jones yang melepas sepakan keras yang masih ditepis oleh Diogo Costa, bola muntah berhasil didapat oleh Mo Salah yang mengkonversinya menjadi gol. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Liverpool sejatinya bisa unggul 2-0 di menit ke-26 jika Diogo Jota berhasil menaklukkan Costa. Mendapat bola dari kerjasama Sadio Mane dan Andrew Robertson, Jota melepas sepakan keras yang bisa ditepis oleh Costa. Namun bola lagi-lagi muntah dan kembali mendarat di kaki Jota, yang masih gagal menundukkan sang kiper.

Dua menit sebelum babak pertama berakhir, giliran James Milner yang menguji kepiawaian Costa lewat tendangan bebas tepat sasaran. Namun kiper 22 tahun tersebut akhirnya menyerah di menit ke-45. Umpan silang Milner gagal ditangkap oleh Costa dan malah jatuh ke kaki Mane. Penyerang Senegal itu pun tanpa ragu mengoyak gawang kosong Porto. Skor 2-0 Liverpool mengakhiri babak pertama.

Tekanan Liverpool terus berlanjut di babak kedua. Baru lima menit laga kembali berjalan, Costa sudah kembali membuat penyelamatan krusial dari sepakan Robertson. Gol ketiga Liverpool akhirnya lahir 10 menit kemudian. Lagi-lagi Mo Salah yang mengoyak gawang Porto, kali ini lewat assist dari Curtis Jones setelah dirinya memecahkan upaya serangan balik Porto. Skor 3-0 Liverpool menjauh.

Porto sempat membuka harapan para fans mereka di menit ke-74. Umpan lambung Fabio Vieira berhasil disambut sundulan jarak dekat Mehdi Taremi yang tidak bisa diselamatkan oleh Alisson. Skor 3-1 Porto mengejar.

Akan tetapi optimisme tuan rumah hanya bertahan selama tiga menit. Di menit ke-77, Costa yang berupaya menghalau umpan Curtis Jones memutuskan untuk keluar dari gawangnya. Sayang bola jatuh ke kaki striker pengganti, Roberto Firmino yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong. Skor 4-1 untuk Liverpool.

Berselang empat menit, Liverpool memastikan kemenangan setelah Firmino mencetak gol keduanya malam itu. Berawal dari tembakan Curtis Jones yang diblok oleh Fabio Cardoso, bola malah jatuh ke kaki Firmino yang langsung menceploskannya ke gawang FC Porto untuk membuat Liverpool unggul 5-1.

Tak ada gol tambahan di delapan menit terakhir pertandingan. Skor 5-1 cukup untuk membuat Liverpool bercokol di puncak klasemen Grup B dengan enam poin dari dua laga. Mereka unggul dua poin dari penghuni posisi kedua, Atletico Madrid yang sebelumnya mengalahkan AC Milan 2-1.


FC Porto (4-4-2): Costa – Sanusi, Marcano, Cardoso, Corona – Oliveira, Uribe, Diaz, Martinez – Otavio, Taremi | Pengganti: Grujic, Vieira, Wendell, Pepe, Vitinha | Pelatih: Sergio Conceicao.

Liverpool (4-3-3): Alisson – Milner, Matip, van Dijk, Robertson – Jones, Fabinho, Henderson – Salah, Jota, Mane | Pengganti: Origi, Oxlade – Chamberlain, Minamino, Gomez, Firmino | Manajer: Jurgen Klopp.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini