BerandaLiga ItaliaKenangan Parma Juara Coppa Italia 2002 berkat Nakata

Kenangan Parma Juara Coppa Italia 2002 berkat Nakata

Sepanjang sejarah sepak bola, Parma sudah tiga kali menjuarai Coppa Italia. Dan yang terakhir mereka mendapatkan gelar tersebut pada saat musim 2001/2002.

Beberapa dekade silam, salah satu klub Serie A Italia yaitu Parma, juga pernah mengalami masa kejayaan. Mereka berhasil meraih gelar juara Coppa Italia tiga kali. Trofi pertama didapatkan pada musim 1991/1992. Di partai final mereka mengalahkan La Vecchia Signora dengan skor 2-1.

Trofi kedua, klub berjuluk Gialloblu diraih pada musim 1998/1999. Mereka berhasil mengalahkan Fiorentina di partai final dengan selisih gol tandang. Skor akhir pertandingan adalah 3-3.

Dan pada musim 2001/2002 lalu, Parma kembali mendapatkan trofi Coppa Italia yang ketiga. Saat itu, mereka kembali berhasil mengalahkan Juventus. Hal tersebut, ternyata tidak lepas dari peranan besar beberapa pemainnya. Yaitu Hidetoshi Nakata dan Junior.

Perjalanan ke Final

Sebelumnya di musim 2000/2001, klub bermarkas di Ennio Tardini Stadium itu juga lolos sampai partai final Coppa Italia. Akan tetapi mereka harus menelan kekalahan dari Fiorentina. Dan di musim yang sama, Juventus tidak bisa berbuat banyak. Klub asal Turin itu harus berakhir di babak 16 besar setelah mendapatkan kekalahan dari Brescia.

Di musim setelahnya, yaitu 2001/2002 Parma dan Juventus dipertemukan kembali di partai final Coppa Italia. Sebelum bisa menembus partai puncak, klub yang saat ini dilatih oleh Roberto D’Aversa berhasil mengalahkan Lecce, Messina, Udinese, dan Brescia. Sementara Juventus yang saat itu dilatih oleh Marcello Lippi, berhasil menyingkirkan Torino, Sampdoria, Atalanta, dan AC Milan.

Final Leg Pertama

Pada waktu itu, final Coppa Italia masih menggunakan sistem dua leg. Untuk leg pertama partai itu La Vecchia Signora menjadi tuan rumah. Tanggal 25 April 2002, Juventus memenangi laga tersebut di Stadio delle Alpi dengan skor 2-1. Akan tetapi, Parma masih bisa mencuri satu gol lewat Hidetoshi Nakata. Gol tersebut terjadi pada menit ke-90.

Final Leg Kedua

Leg kedua partai final itu, dilakukan di Stadio Ennio Tardini pada 10 Mei 2002. Parma sudah memiliki modal satu gol tandang yang dicetak oleh Hidetoshi Nakata. Sehingga, membuat mental klub berjuluk Gialloblu itu sangat bagus dan percaya diri.

Baru tiga menit berjalan Parma menyamakan agregat gol lewat gol yang dicetak oleh Junior. Gol tersebut membuat semua pemain menjadi bersemangat. Dan akhirnya skor berakhir imbang 2-2.

Dengan unggul gol tandang, akhirnya Parma yang menjadi juara di Coppa Italia musim 2001/2002. Hal tersebut tidak lepas dari Nakata dan Junior.

Kenangan Parma Juara Coppa Italia 2002 berkat Nakata
Amandahttp://tempobola.id
Aku memang perempuan. Tapi aku memang menyukai semua seluk beluk mengenai olahraga sepak bola yang kebanyakan di gandrungi oleh para pria. Tidak memungkiri juga sih kalau aku memang melihat beberapa pemain bola yang aku idolakan itu karena mereka ganteng ^^). Dan makin mendukung, karena aku juga hobi nulis, jadi aku seneng banget menjadi penulis berita bola disini. Terima kasih.
Kabar Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini