Euro 2020: Portugal Imbangi Prancis di Budapest

0
60

Portugal harus dibuat kecewa kala menghadapi Prancis di laga terakhir Grup F Euro 2020. Bagaimana tidak, laga berakhir dengan skor 2-2 yang sekaligus memupus harapa Portugal untuk lolos langsung ke 16 besar.

Harapan fans untuk melihat laga ketat antara dua raksasa tidak terwujud, setidaknya di babak pertama. Bagaimana tidak, aksi nyata baru muncul di menit ke-16 kala Kylian Mbappe berhadapan satu lawan satu dengan kiper Rui Patricio pasca mendapat umpan Paul Pogba. Sayang Patricio masih lebih unggul dalam skenario tersebut.

Fans Portugal dibuat bersorak di menit ke-27. Tubrukan antara Hugo Lloris dan Danilo kala keduanya berupaya menggapai tendangan bebas Joao Moutinho, dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit. Cristiano Ronaldo pun menjalan tugasnya sebagai algojo dan Portugal unggul 1-0.

Ketika Portugal hampir menutup babak pertama dengan kemenangan, mereka tertimpa nasib serupa di menit ke-45. Lewat VAR, Nelson Semedo nampak menjatuhkan Mbappe di muka gawang Portugal. Alhasil wasit memberikan penalti untuk Prancis yang dieksekusi oleh Karim Benzema. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Laga berjalan makin seru di babak kedua. Di menit ke-47, Prancis berbalik unggul 2-1 lewat Mbappe yang meneruskan umpan terobosan Pogba. Selebrasi Prancis hanya bertahan 13 menit. Karena di menit ke-58, Portugal kembali mendapat penalti sebagai sanksi atas handball Presnel Kimpembe. Ronaldo pun mencetak gol keduanya dari titik putih untuk membuat skor menjadi 2-2.

Di menit ke-68 gawang Portugal hampir saja koyak. Beruntung Rui Patricio membuat dua penyelamatan back to back dari sepakan Paul Pogba, yang disusul tendangan Antoine Griezmann.

Memasuki menit 90+2, para pemain Portugal menuntut penalti setelah Kingsley Coman menjatuhkan Bruno Fernandes di kotak penalti. Sialnya, VAR menyatakan tak ada pelanggaran dan laga ditutup dengan hasil 2-2.

Hasil imbang membuat nasib Portugal ke 16 besar akan tergantung dari klasemen para penghuni posisi ke-3. Pasalnya mereka disalib Jerman yang imbang 2-2 atas Hungaria di waktu bersamaan. Selain itu, Jerman juga unggul head to head pasca menang 4-2 di laga sebelumnya. Sedangkan Prancis keluar sebagai juara Grup F.


Portugal: Patricio, Guerreiro, Pepe, Dias, Semedo, Sanches, Danilo, Moutinho, Jota, Ronaldo, Silva | Pengganti: Palhinha, Neves, Sergio Oliveira, Dalot, Fernandes

Prancis: Lloris, Kounde, Varane, Kimpembe, Hernandez, Pogba, Kante, Tolisso, Griezmann, Mbappe, Benzema | Pengganti: Sissoko, Digne, Coman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini