Euro 2020: Gol Sterling Bawa Inggris ke 16 Besar Euro 2020

0
60

Kemenangan sukses dibukukan oleh Inggris di laga terakhir Grup D Euro 2020. Menjamu Republik Ceko di Wembley, The Three Lions keluar sebagai pemenang lewat gol tunggal Raheem Sterling.

Inggris sudah nampak serius sejak awal. Baru dua menit laga berjalan, Sterling sudah menerobos kotak penalti Republik Ceko lewat umpan Luke Shaw. Namun sepakan chip penyerang Man City tersebut masih membentur mistar gawang.

Sterling menebus kesalahannya di menit ke-12. Diawali oleh umpan crossing dari Jack Grealish yang gagal ditangkap kiper Thomas Vaclik, Sterling yang berdiri bebas menyundul bola ke gawang Republik Ceko. Skor 1-0 Inggris unggul.

Republik Ceko baru bereaksi di menit ke-28. Tomas Holes berhasil mengeco Bukayo Saka, sayang sepakan pemain Slavia Praha tersebut bisa ditepis oleh Jordan Pickford. Di menit ke-35 giliran Janit Janko yang hampir mencetak gol jarak dekat. Beruntung umpan jauh dari Jan Boril bisa diintersepsi tepat waktu oleh Luke Shaw.

Inggris sejatinya bisa menutup babak pertama dengan skor 2-0. Pasalnya di menit ke-43 Harry Kane sudah berhadapan satu lawan satu dengan Vaclik setelah mendapat umpan terobosan dari Saka. Sayang kiper Sevilla tersebut cukup tangguh dalam duel one on one. Babak pertama pun diakhiri dengan keunggulan Inggris 1-0.

Namun harapan fans untuk melihat agresifitas serupa di babak kedua tidak terwujud. Aksi signifikan baru terjadi tujuh menit jelang laga bubar. Di menit ke-83 kemelut di depan gawang Inggris membuat bola tepisan Pickford jatuh ke kaki Thomas Soucek. Gelandang West Ham tersebut memberikan umpan kepada Tomas Pekhart yang sayangnya hanya dieksekusi dengan sepakan melenceng.

Inggris sempat mencetak gol di menit ke-86 lewat aksi Jordan Henderson yang meneruskan assist dari Jude Bellingham lewat skema serangan balik. Namun sial bagi Hendo, wasit menganggap dia berada di posisi offside.

Tak ada gol tambahan dan skor 1-0 tetap bertahan hingga akhir laga. Hasil ini membuat Inggris lolos ke 16 besar sebagai pemuncak Grup D dengan tujuh poin. Namun Republik Ceko harus berada di posisi ke-3 setelah kalah selisih gol dari Kroasia yang menempati posisi ke-2.


Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik – Boril, Kalas, Celustka, Coufal – Soucek, Holes (Vydra 84′) – Jankto (Sevcik 46′), Darida (Kral 64′), Masopust (Hlozek 64′)- Schick (Pekhart 75′).

Inggris (4-2-3-1): Pickford – Shaw, Maguire, Stones (Mings 79′), Walker – Rice (Henderson 46′), Philips – Sterling (Rashford 67′), Grealish (Bellingham 68′), Saka (Sancho 84′)- Kane.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini